Kriteria obesitas dan ideal pada anak daftar pustaka

Peningkatan kebutuhan energi sejalan dengan bertambahnya usia. Faktor sosial ekonomi. C Tujuan Penulisan Tetapi masih banyak pendapat di masyarakat yang mengira bahwa anak yang gemuk adalah sehat. Dalam fungsi ketiga ini zat gizi dinamakan zat pembangun.

Rerata asupan protein per kapita per hari responden sebesar 56,7 g. Pertumbuhan dan Pemeliharaan Jaringan Tubuh Protein, mineral, dan air adalah bagian dari jaringan tubuh. Tampaknya bahwa makan seseringkali merupakan alat pelepas ketegangan. Syarif, D. Tidak Aktif Secara Fisik Teknologi modern banyak memaksa anak-anak kita untuk lebih banyak duduk diam menghabiskan waktu mereka di depan layar komputer maupun televisi sehingga mereka tidak banyak bergerak.

Pencegahan harus dimulai sejak dini dengan menerapkan pola hidup sehat dalam keluarga. Demikian pula sebaliknya bila kebutuhan energi lebih besar dari asupan energi, maka jaringan adiposa berkurang dan terjadi rangsangan pada orexigenic center di hipotalamus yang menyebabkan peningkatan nafsu makan.

Banyak anak dipaksa mengikuti kebiasaaan ini oleh para orang tua yang terlalu bersemangat, dan anak-anak terus melanjutkan kebiasaan tersebut sepanjang hidupnya. Johnson MS. Setiap harinya, seorang remaja membutuhkan g protein yang bersumber dari makanan seperti daging, ayam, telur, susu dan produknya, kacang, tahu dan kedelai.

Rumusan Masalah Sekolah dasar tahun 3. Remaja mengungkapkan perasaan dan keprihatinan tentang masalah Remaja mempertahankan sikap positif terhadap program penurunan berat badan intervensi: Gangguan pernafasan bisa terjadi pada saat tidur dan menyebabkan terhentinya pernafasan untuk sementara waktu tidur apneusehingga pada siang hari penderita sering merasa ngantuk.

Volume Jumlah kalori yang diberikan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan normal yaitu sesuai dengan berat badan ideal menurut tinggi badannya. Lingkungan masyarakat dalam hal ini asuhan dan kebiasaan suatu masyarakat dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Lebih-lebih kalau anak itu menunjukkan perkembangan mental yang normal, artinya perkembangan motorik, bahasa, intelektual, emosional dan social sesuai dengan umurnya, maka anak tersebut walaupun tidak terlalu gemuk, tetapi secara fisik, social maupun mental adalah sehat.

Obesitas pada Anak

American Medical Association Health Resources and Services Administration, and the Centers for Disease Control and Prevention in merekomendasikan penyuluhan kesehatan bagi anak dengan obesitas tentang pentingnya pengkajianpencegahan dan terapi anak dan remaja dengan overweight dan obesitas.

Penanggulangan obesitas pada anak lebih sulit dibandingkan obesitas dewasa, karena penyebab obesitas yang multifaktorial dan anak yang masih dalam taraf tumbuh kembang. Penambahan jaringan lemak meningkatkan aliran darah. Jika Anda melakukannya, kebiasaan itu akan menjadi pola hidup bagi anak-anak Anda, yang akan terbawa hingga dewasa.

Oleh karena itu telah disarankan bahwa kelebihan nutrisi pada anak terutama pada masa bayi dan sebagian kecil selama masa kanak-kanak yang lebih lanjut, dapat menyebabkan obesitas sepanjang hidup.

Memberi Energi Zat-zat gizi yang dapat memberikan energi adalah karbohidrat, lemak, dan protein. Soegondo, Sidartawan. Secara klinis obesitas dengan mudah dapat dikenali karena mempunyai tanda dan gejala yang khas, yaitu: Mengatur Proses Tubuh Protein, mineral, air, dan vitamin deiperlukan untuk mengatur prose tubuh.

Masalah ini yang menjadikan bahasan dalam asuhan keperawatan dengan obesitas menjadi sangat menarik untuk di angkat dan di pelajari kelompok kami, semoga apa yang kami tulis dalam karya kami dapat menjadi sesuatu yang berguba bagi kami mahasiswa keperawatan khususnya dan khalayak ramai pada umunya.

Modifikasi kebiasaan makan 1. Sedangkan angka kejadian di Indonesia masih belum ada data-datanya. Faktor lingkungan a. Pada bayi BBLR diberikan minum dengan porsi yang lebih sedikittetapi lebih sering. Riskesdas melaporkan bahwa tiga prevalensi obesitas sentral tertinggi, yaitu Sulawesi Utara, Gorontalo, dan DKI Jakarta berturut-turut Apa asupan makanan yang baik untuk anak usia sekolah?

Apabila asupan energi melebihi dari yang dibutuhkan, maka jaringan adiposa meningkat disertai dengan peningkatan kadar leptin dalam peredaran darah. Kanker Banyak jenis kanker yang berkaitan dengan BBL misalnya pada perempuan kanker payudara, uterus, serviks, ovarium dan kandung empedu; pada lelaki kanker kolon, rektum dan prostat.

Pemberian ikan pada anak dan remaja direkomendasikan untuk diberikan sebanyak seminggu 2 kali pemberian; ikan yang dimaksud adalah bukan ikan asin ikan keringkarena ikan kering kurang mengandung asam lemak omega 3. Kesimpulan Pertumbuhan adalah setiap perubahan dari tubuh yang berhubungan dengan bertambahnya ukuran tubuh baik fisik anatomis maupun struktural dalam arti sebagian atau menyeluruh.Di perkotaan pada tahun didapatkan 4,6% laki-laki dan 5,9% perempuan, meningkat menjadi 6,3% laki-laki dan 8% perempuan pada tahun dan di pedesaan pada tahun didapatkan 2,3% laki-laki dan 3,8% perempuan, meningkat menjadi 3,9% laki-laki dan 4,7% perempuan pada tahun Obesitas pada masa anak berisiko tinggi menjadi obesitas dimasa dewasa dan berpotensi.

LP Obesitas

makalah penyakit obesitas untuk tugas EPTM. jurnal obesitas. obesitasDeskripsi lengkapAuthor: Dony Apriandono. MAKALAH KEPERAWATAN ANAK OBESITAS DISUSUN OLEH: Halidi Syahroni Rahmat Sudirman Sartika Suwito Asisto Titis Ayu EkaSaputri FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN UNIVERSITAS BATAM.

DAFTAR PUSTAKA Masalah gizi yang dihadapi oleh anak-anak pada usia sekolah dasar antara lain: obesitas, gagal tumbuh, anemia karena kekurangan zat besi, dan karies pada gigi geligi serta infeksi kecacingan.

Obesitas biasanya disebabkan karena konsumsi makanan yang melebihi kebutuhannya per hari. Sebaliknya, gagal tumbuh biasanya disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi. Selain gagal. Definisi, Kriteria, Etiologi dan Epidemiologi Obesitas. Saat ini obesitas merupakan salah satu tantangan paling serius kesehatan masyarakat.

Prevalensi obesitas terus meningkat sebagaimana data WHO tahundiamana diperkirakan lebih dari 42 juta anak. OBESITAS PADA ANAK. Abstract.

WHO stated that obesity was global epidemy and become health problem that must be solved. In Indonesia, change of life style due to westernization and sedentary caused change of public dietary pattern to high calories, fat, and cholesterol that increasing risk of Author: Masludi Sopriyadi.

Kriteria obesitas dan ideal pada anak daftar pustaka
Rated 3/5 based on 7 review